CARA CEK JURNAL APAKAH BERKUALITAS ATAU TIDAK



Cara Cek Jurnal Berkualitas

Bagi para peneliti, sumber/referensi tulisan yang baik berasal dari paper-paper yang dipublikasikan pada jurnal yang baik pula. Saat ini terdapat 2 peng-index jurnal di dunia ini yang terkenal dan disegani, yaitu ISI Thomson Reuters dan Scopus. ISI Thomson Reuters mengeluarkan JIF (Journal Impact Factor) sedangkan Scopus mengeluarkan SJR (Scimago Journal Rank). Namun, saat ini praktisnya, kita dapat menggunakan Scopus. Karena Scopus memberikan layanan pengecekan jurnal secara web dan gratis.



Untuk mengecek jurnal berikualitas, ketik: www.scimagojr.com, maka akan masuk ke page berikut:

 

kemudian ketikkan nama jurnal yang hendak dicari, bisa lengkap atau sebagian saja, misal saya ingin mencari jurnal “Advanced Science Letters”, saya ketikkan “advanced science”, hasilnya:

Hasilnya, ternyata ada, itu artinya jurnal “Advanced Science Letters” ter-index Scopus. Jika tidak ada, berarti tidak ter-index Scopus. Kemudian kita juga bisa melihat detil informasi dari jurnal yang bersangkutan dengan meng-klik tulisan jurnal tersebut (yang berwarna biru). Berikut hasilnya:
 


Hasilnya: jurnal “Advanced Science Letters (ASL)” memiliki nilai SJR=0.14. Kemudian ASL juga memiliki 7 kategori bidang keilmuan yang paper-papernya dipublikasikan, antara lain: Engineering, Energy, Education, Environmental Science, Mathematics, Health dan Computer Science. Dimana bidang Engineering dan Energy berada di Q3 sementara yang lainnya ada di Q4.

Scopus dalam menilai jurnal membuat klusterisasi kualitas jurnal dengan istilah Quartile, dengan 4 Quartile, yaitu Q1, Q2, Q3 dan Q4. Dimana Q1 adalah kluster paling tinggi atau paling utama dari sisi kulitas jurnal dikuti Q2, Q3 dan Q4 dibawahnya.

Itulah sekulimit cara kita mengecek apakah sebuah paper yang akan kita gunakan itu berkualitas atau kurang berkualitas. Utamakan paper-paper yang dipublikasikan pada jurnal yang ter-index Scopus.


Kemudian caral lain untuk mengetahui jurna yang kita punya apakah bagus atau tidak dengan melihat Nama jurnal kita misalnya JOURNAL OF FINANCE. kita bisa melihat berdasarkan bintang jurnalnya yang di nilai dengan panduan dari ABS jurnal rangking. yang mana paling bagus bintang 4.

Silahkan didownload DISINI
 
Demikian, semoga membantu.

JIka Sobat ingin mendapatkan semua makalah yang ada di website ini secara gratis siilahkan klik tombol Subscribe yang ada dibawah ini, dan Perlu diketahui Setelah Sobat Mendaftarkan Email Jangan Lupa Konfirmasi Link yang di Kirim Ke Email Agar Pemberitahuannya Aktif:

0 Response to "CARA CEK JURNAL APAKAH BERKUALITAS ATAU TIDAK"

Post a Comment