MAKALAH DISKUSI TOPIK Varises dan Spider Viens

MAKALAH DISKUSI TOPIK
BLOK 3.A MINGGU 3
“Varises dan Spider Viens”

BAB I

PENDAHULUAN

1.1Pendahuluan.
 Pembangunan yang semakin terus  meningkat dan disertai peran masyarakata yang lebih aktif . gaya modern yang dianut masyarakat indonesia dapat menimbulkan gangguan atau penyakit. Seperti menggunakan sepatu berhak tinggi. Maka pembuluh darah tertekan dan menjadi faktor timbulnya faktor- faktor penyebab ganguan pembuluh darah sehingga terjadi kelemahan struktural kelemahan tonus otot pembuluh balik atauvena.
    Pembuluh balik atau vena adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung yaitu darah yang banyak mengandung karbon dioksida. Umumnya terletak dekat permukaan tubuh dan tamoak kebiru biruan.

1.2 Rumusan Masalah
- Pengertian dari Spider viens
- Pengertian varises.
- Penyebab penyebab varises dan spider viens
- Tanda tanda varises dan spider viens

1.3 Tujuan pembelajaran
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dari Spider viens
- Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian varises.
- Mahasiswa mampu menjelaskan penyebab penyebab varises dan spider viens
- Mahasiswa mampu menjelaskan Tanda tanda varises dan spider viens

BAB II
PEMBAHASN
2.1 PENGERTIAN
A.Spider Viens

Adalah salah satu jenis varises yang terjadi akibat pelebaran atau pembengkakkan pembuluh vena. Namun, berbeda dengan  varises, spider viens terjadi pada pembuluh vena berukuran kecil dekat dengan permukaan kulit.
Pembengkakan semacam ini bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh, namun lebih sering ditemukan pada sekitar wajah dan kaki. Sebagiaan kasus yang terjadi tidak menimbulkan rasa sakit. Namun bagian lain mengeluh rasa sakit atau ketidaknyamanan diarea kemunculannya.
Sekitar 40 persen wanita dinilai akan mengalami spider viens. Khususnya wanita hamil.wanita yang telah menopause atau wanita yang berusia diatas 50 tahun. Kondisi ini memang tidak berbahaya namun sebaiknya tetap ditangani karena berpotensimenjadi pemicu gangguan pembuluh darah jika dibiarkan dalam jangka panjang.

B. Varises
Merupakan kondisi diamana pembuluh darah yang paling dekat dengan permukaan kulit mengalami pelebaran dan pembengkakkan. Varises menyebabkan pembuluh darah menjadi bewarna ungu dan biru menjadi keluar. Bentuknya yang berlekuk-lekuk mengerupai simpul dan tali dengan berukuran bervariasi, bisa terlihat mengerikan  dan mengganggu penampilan.

2.2 PENYEBAB
 
A. Spider Viens
 
Adalah kondisi ketidaknormalan fungsi katup kecil didalam pembuluh vena yang berada didekat permukaan kulit. Secara alami , katup kecil tersebut berfungsi membuka dan menutup aliran darah dar dan menuju jantung.
Ketika katup kecil melemah atau mengalami kerusakan , darah yang seharusnya mengalir ke jantung justru berbalik arah dan menumpuk didalam pembuluh darah. Kondisi inilah yang mengebabkan pembuluh darah  melebar atau membengkak secara umum, spider viens bisa terjadi akibat pengaruh beberapa faktor seperti:
-    Memiliki orang tua yang seperti itu ( Keturunan )
-    Mengalami obesitas
-    Memiliki riwayat pembekuan darah.
-    Trauma atau cidera pada kulit
-    Terpapar radiasi sinar ultraviolet dalam jagnka panjang
-    Perubahan hormon akibat kehamilan.
-    Pubertas dan menoupause.
-    Melakukan pekerjaan yang mengharuskan selalu berdiri seperti : penata rambut, guru, buruh pabrik atau perawat.
-    Beberapa kondisi yang mengebabkan perut bagian bawah tertekan akibat tumor, sembelit, atau karena pakaian yang terlalu ketat.
 
B. Varises
Varises pada ibu hamil disebabkan oleh beberapaa hal berikut ini.
-    Peningkatan jumlah darah didalam tubuh, yaitu saat hamil volume darah didalam tubuh meningkat dapat membebani pembuluh darah dan berpengaruh pada aliran darah dari kaki ke panggul sehingga tekanan didalam pembuluh darah vena pada daerah tersebut akan meningkat dan terjadinya varises pada ibu hamil
-    Pembuluh janin didalam rahim. Seiring pertumbuhan janin rahim juga akan semakin membesar dan dapat menekan pembuluh darah vena besar yang ada disisi kanan tubuh yaitu vena cava inferior.ini akan menyebabkan peningkatan tekanan darah pada vena dikaki sehingga terjadi varises
-    Pengaruh hormon kehamilan. Peningkatan hormon progesteron saat hamil dapat membuat dinding pembuluh darah melebar. Melebarnya dinding pembuluh vena akan memicu timbulnya varises.
 
2.3 TANDA-TANDA SPIDER VIENS
 
A.Spider Viens
Untuk mengantisipasi kondisi yang lebih parah yang perlu diperhatikan.
-    Pergelangan kaki sering merasa nyeri
-    Kulit bisul atau bernanah.
-    Pecahnya pembuluh darah kapiler menjadikan permukaan kulit berwarna kecoklatan.
-    Mengalami eksim yaitu, perkembangan ruam kemerahan pada kaki.
-    Mengalami tromboviebitis. Yaitu penggumpalan pembuluh darah di dalam vena.
Secara umum, permasalahan muncul jika gangguan aliran suatu darah terjadi pada pembuluh vena dalam. Segera periksakan pada dokter atau ahli estetika. Jika dirasa megalami gejala makin parah.
 
B. Varises
Tanda atau sejak terjadinya varises adalah pembengkakkan pada kaki bagian bawah (mata kaki), Kaki terasa berat dan tidak memar, perubahan warna kulit kaki,bagian bawah atau kulit tampak kering.
Varises dapat terjadi disemua pembuluh vena pada tubuh, namun kondisi ini paling sering terjadi di kaki (Betis) karena tekanan yang besar saat kaki berdiri atau berjalan.

2.4 CARA MENANGANI

A. Spider Viens
Pada tingkat yang rendah olahraga yang teratur menghindari kebiasaan berdiri pada posisi yang sama. Penangan awal dapat berupa stoking khusus yang dirancang untuk memberikan tekanan pada otot klaki dan vena. Agar menjadikan aliran darah menjadi lancar. Meredakan pembengkakkan dan mengurangi nyeri.
    Jika spider viens tak kunjung hilang maka.
-    Terapi sinar laser
-    Skleroterapi
-    Radiofrekuensi
-    Operasi

B. Varises
Varises dengan kondisi yang ringan dapat ditangani dengan
-memakai stoking anti varises atau disebut juga dengan bebat kompresi, hindari berdiri terlalu lama dan meluangkan waktu untuk mengistirahatkan  kaki dengan penyangga. Jika rasa nyeri masih terasa maka lakukan pertemuan dengan dokter.
Metode pengobatan yang diberikan dokter, yaitu operasi penutupan pembuluh vena dengan menggunakan bahan kusus berbentuk busa tau dengan menggunakan panas (IndoternalAblation)


BAB III

KESIMPULAN

    Varises adalah kondisi dimana pembuluh darah yang paling dekat dengan permukaan kulit mengalami pembengkakkan dan pelebaran. Sedangkan spider veins adalah salah satu jenis varises yang terjadi akibat pelebaran dan pembangkakkan pembuluh vena.
    Penyebab terjadinya varises dan spiderveins dapat beragam. Salah satunya yaitu dapat disebabkan karena perubahan hormon karena kehamilan.
    Tanda-tanda varises dan spider veins dapat dicermati dengan teliti pada bagian tubuh seperti kaki maupun kondisi lainnya di dalam tubuh.sedangkan untuk penanganannya dapat dilakukan  dirumah, dengan menggunakan stoking khusus dengan menjaga body mekanik tubuh dan apabila semkain parah atau terjadi komplikasi maka langkah selanjutnya adalah konsultasi dengan dokter.

BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

Mansjoer.Arif.2000.Kapita Selekta Kedokteran.Jakarta : Media Aescviapis.

Corwin,Elisabet.J.2009.Buku Saku Fisiologi.Jakarta:EGC.

Price,Sylvia A.Wilson.Lorraine M.1994.Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit Edisi 4. Jakarta: ECD

JIka Sobat ingin mendapatkan semua makalah yang ada di website ini secara gratis siilahkan klik tombol Subscribe yang ada dibawah ini, dan Perlu diketahui Setelah Sobat Mendaftarkan Email Jangan Lupa Konfirmasi Link yang di Kirim Ke Email Agar Pemberitahuannya Aktif:

0 Response to "MAKALAH DISKUSI TOPIK Varises dan Spider Viens"

Post a Comment