TUGAS PENGANTAR BISNIS MANAJEMEN 100 FAKTA

TUGAS PENGANTAR BISNIS 100 FAKTA-FAKTA DALAM MSDM

NO
KASUS
KOMENTAR
1.
Pada PT. Semen Gresik melakukan Strategi dan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Manusia yang terdiri dari Human Resources Development (Human Capital Master Plan), Training And Development, Knowledge Management dan Manajemen Kinerja dan Sistem Remunerasi.
Menurut saya, hal ini sangat berguna untuk pengembangan karyawan dan kinerjaperusahaan.
2.
Manajer Siska selaku manajer SDM melakukan inovasi di perusahaanya.
Menurut saya, sumber SDM dalam menjadi kompetensi inti ialah produktivitas, inovasi, pelayanan yang memuaskan, kualitas yang luar biasa, keterampilan kusus. Maka dari itu setiap manajer harus mengadakan atau menggunakan sumber-sumber tsb
3.
KFC juga merancang rencana strategic tsb
Menurut saya, rencana strategi adalah rencana agar perusahaan mendapatkan menyesuaikan kekuatan dan kelemahan internal dengan peluang dan ancaman dari luar, dalam memelihara keunggulan kompetitif.
4.
KFC membuat manajemen strategi, untuk dapat memelihara keunggulan kopetitif untuk para pesaing.
Menurut saya, manajemen strategi ialah penggunaan karyawan secara organisasional untuk mendapatkan atau memelihara keunggulan kompetitif untuk para pesaing.
5.
Kompetensi menjadi Seoraang manajer SDM.
Menurut saya, kompetensi inti adalah sebuah epabilitasan untuk yang menciptakan nilai tinggi organisasi serta yang membedakan organisasi. Maka keberhasilan sebuah organisai dapat dilihat dari bagaimana cara suatu perusahaan dalam mengatur atau memanajeril karyawannya.
6.
PT. COCA COLA memiliki kode etik yang dipedomani dalam segala kegiatan operasional perusahaan, baik dalam produksi, distribusi dan pemasaran.
Menurut saya, kode etik pasti dimiliki oleh semua perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Dengan adanya kode etik yang memandu kegiatan operasional perusahaan, maka setiap kegiatan yang dilakukan akan terkoordinasi dengan baik dan tertata dengan baik serta tidak akan terjadi miskomunikasi dalam kegiatan operasional perusahaan. Kode etik sangat diperlukan dalam perusahaan karena sebagai pemandu semua kegiatan perusahaan agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.
7.
PT. SEMEN PADANG memiliki manajemen yang baik dalam mengoptimalkan sumber daya yang ada sehingga menjadi perusahaan yang besar.
Menurut saya, PT. SEMEN PAANG menjadi perusahaan yang besar sampai saat sekarang ini adalah karena mereka melakukan koordinasi dan integrasi yang sangat bagus, sehingga sumber daya yang ada dapat tersalurkan dan termanfaatkan dengan maksimal secara efektif dan efisien. Hal itu tidak terlepas dari peranan semua manager yang mengelola manajemen dengan baik.
8.
PT. AQUA INDONESIA memanfaatkan sumber daya alam yaitu air untuk di manfaatkan sebagai produk untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut saya, hal ini sangat bagus dilakukan, karena tujuan dari manajemen adalah memanfaatkan sumber daya yang ada karena PT. AQUA memanfaatkan air sebagai sumber daya utama dalam memproduksi produk perusahaan tersebut.
9.
PT SAMUDERA INDONESIA memiliki manajemen perusahaan yang sangat bagus dan baik dalam hal pemenfaatan sumber daya manusia dan sumber daya alam.

Menurut saya, jika sebuah perusahaan memiliki manajemen yang sehat dalam perusahaannya, maka semua tujuan baik itu tujuan strategis maupun tujuan operasional akan tercapai denga baik dan akan membuat perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang likuid sehingga menghasilkan keuntungan yang besar, karena semua sember daya yang ada termanfaatkan dengan maksimal oleh manajemen perusahaan.
10.
PT. Semen Padang menjalankan program CSR dengan memberi bantuan pada masyarakat di sekitar pabrik.
Menurut saya, sebab  pada fakta ini manajemen sumber daya perusahaan memanfaatkan simpati masyarakat dalam pengembangan nama produknya yang bermukim di sekitar pabrik.
11.
Pada PT. Semen Padang melakukan Strategi dan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Manusia Training And Development.
Menurut saya, cara ini dapat membantu para karyawannya dalam pengembangan kinerjanya.





Topik                   : MSDM Strategi/ Peran MSDM
Sub Topik            : Langkah-langkah perencanaan strategis
NO
KASUS
KOMENTAR
12.
Di Texas Instrument, yang berkantor di Dallas, Texas, manajemen bekerja untuk menyesuaikan kebijakan sumber daya manusia pada kebutuhan unit bisnis individual dengan menyertakan manajer operasi dalam proses pengembangan dan implementasi .
Menurut saya, manajemen personalia tidak dapat bekerja tanpa adanya dari manajer lainnya , karena itulah manajer operasi juga berperan untuk dapat manajer personalia untuk mememnuhi kebutuhan unit bisnis individual tersebut.
13.
PT. sehati , menggunkan program strategi SDMnya dengan bertemakan GO GREEN.
Menurut saya, dalam membuat
perencanaan strategi maka
diperlukan atau harus
memebuhi langkah-langkah
berikut :
1.   Mendefinisikan filosofi perusahaan.
2.   Analisis lingkungan ekternal.
3.   Analisis lingkungan internal.
4.   Menentukan tujuan dan sasaran.
Menyusun strategi.
14.
Sun Microsystems di Mountain View, Kalifornia, secara aktif menggunakan perencanaan sumber daya manusia untuk membangun tenaga kerja multi media “secara tradisional”, perusahaan terlibat dalam tindakan yang mendukung kepercayaan dengan mengiklankan pembelian tiket  pesta yang diselenggarakan kaum minoritas.
Menurut saya, perusahaan juga terlibat dalam tindakan yang mendukung kepercayaan dalam melakukan produksi produk maupun jasa.


Topik                   : MSDM Strategi/ Peran MSDM
Sub Topik            : Reformasi peran dan fungsi MSDM
NO
KASUS
KOMENTAR
15.
Setiap sekali semester perusahaan PT. Unionfom Azaria Berjaya melakukan Employe champion.
Menurut saya, dalam melakukan kegiatan employe champian dapat menghaislkan peningkatan komitmen dan kapabilitas karyawan serta berfungsi sebagai maanajemen konterbusi karyawan.


Topik                   : MSDM Strategi/ Peran MSDM
Sub Topik            : Peranan manajemen lini
NO
KASUS
KOMENTAR
16.
Semua karyawan di perusahaan perindo mematuhi aturan aturan atau kebijakan yang telah di tetapkan oleh top manajer, dan karyawan tersebut harus tunduk pada aturan aturan tersebut.
Menurut saya, pada manajer tigkat paling atas atau disebut manajer puncak salah satu tugasnya adalah sebagai membuat kebijakan-kebijakan dan menyetujui kebijakan supaya hal yang diinginkan terjadi dan bisa mencapai tujuan organisasi tersebut. Maka dari itu manajemen SDM lah yang akan mengawasinya.

Topik                   : Perencanaa MSDM
Sub Topik            : Job Characteristic Model

KASUS
KOMENTAR
17.
Setiap karyawan manajemen pemasaran pada PT. Indofood selalu menambah gaji bagi karyawannya yang dapat meningkatkan penjualan atau melebihi targetnya.
Menurut saya, dalam perencanaan SDM atau tepatnya job caracteristik nya harus ada evaluasi atau umpan balik terhadap karyawan maupun perusahaan.  Umpan balik ialah sejauh mana karyawan menerima informasi mengungkap seberapa baik mereka melaksanakan tugas pada pekerjaan.

Topik                   : Perencanaa MSDM
Sub Topik            : Pertimbangan Ergonomi

KASUS
KOMENTAR
18.
Keselamatan karyawan dan pelanggan adalah prioritas utama di perusahaan suransi tsb.
Menurut saya, Ergonomi adalah studi
tentang aspek-aspek
manusia dalam lingkungan
kerjanya yang ditinjau
secara anatomi, fisiologi,
enginering manajemen
desain perencanaan.
Tujuannya ialah :
1.   Memaksimalkan efisien karyawan.
2.   Memperbaiki kesehatan dan keselamatan kerja
3.   Menganjurkan agar bekerja aman.
Memaksimalkan bentuk kerja yang meyankinkan.

Topik                   : Perencanaa MSDM
Sub Topik            : Menentukan Sumber à Eksternal dan Internal

è Eksternal

KASUS
KOMENTAR
19.
Beberapa tahun terakhir perusahaan pembuatan komputer buatan taiwan mengalahi kualitas dari buatan korea selatan sebagai produsen monitor berwarna nomor satu di dunia.
Menurut saya, persaingan adalah salah satu fator ekternal yang berskala lingkungan kompetitif, persaingan dapat membantu kita untuk meningkatkan quantitas maupun qualitas produksi sebuah organisasi.
20.

Kebijakan pemerintahan amerika serikat memberikan pajak yang lebih tingga pada setiap perushaan tembakau . maka dari itu pada bulan maret 1994, eksekutif puncak dari 7 perusahaan tembakau merasa kebakaran jenggot karena menambahkan nikotin pada tembakaunya yang dapat membuat konsumen ketagihan atas produk yang di konsumsi oleh konsumen tersebut.
Menurut saya, kebijakan pemerintah atauh hukum berperan aktif dalam pengendalian organisasi berskala ekternal dan makro,sehingga hal – hal yang tidak diinginkan tidak terjadi atau merugikan pihak manapun terutama pihak konsumen.
21.
Perusahan Mc.Donals    membuat kemasan model karang untuk membungkus makanan cepat sajinya, namun pada tanggal 5 agustus 1987, menjadi perdebatan karena di bungkusnya terdapat zat kimia yang dapat merusak ozon yaitu CFC2.
Menurut saya, masyarakat berperan aktif mengendalikan sebuah organisasi , maka masyarakat termasuk faktor ekternal dalam mengendalikan sebuah organisasi
22.
Mark Nelson memulai bisnis perangkat lunak kesehatan, yang di sebut CD plus, seorang diri.dia membuat perangkat lunak yang mudah membantu para yang ahli di bidang kesehatan termasuk dokter.
Menurut saya, teknologi adalah salah satu faktor ekternal dalam lingkungan makro sebuah organisasi.
23.

United Airlines, menyelenggarakan pelatihan intensif secara reguler untuk menyiapkan semua karyawan dalam menghadapi pekerjaan yang bersifat gawat darurat sampai pekerjaan yang berhubungan dengan media untuk berkomunikasi yang efektif kalau terjadi bencana jatuhnya pesawat terbang.
Menurut saya, terkadang dalam menghadapi faktor ekternal, maka perlunya pelatihan untuk dapat menghadapi faktor – faktor ekternal yang sulit dikendalikan atau di baca pergerakannya.

24.
Whirlpool memenangkan perlombaan industri dan hadia sebesar $30 juta dengan mengembangkan lemari es yang amat efisien, tanpa menggunakan CFC.
Menurut saya, tidak hanya masyarakat, faktor eternal lainnya ialah dari pihak pemerintahan, sehingga sebuah organisasi tidak sesuka hatinya dalam melakukan sesuatu. Cara yang baik untuk dilaukan pemerintah ialah memberikan seperti sebuah penghargaan .

Wall Street Week adalah satu dari beberapa pertunjukan di televisi yang menyediakan liputan ekstensif dan canggih mengenai isu bisnis dan ekonomi.
Menurut saya, Teknologi adalah salah satu faktor ekternal dalam lingkungan makro sebuah organisasi.

25.
Baxter Healthcare Corporation telah menggunakan teknologi informasi yang baru untuk mendapatkan terminal komputer di kantor pelanggan sehingga setiap pelanggan dapat langsung memesan suatu produk kalau memerlukan.
Menurut saya, teknologi adalah salah satu faktor ekternal dalam lingkungan makro sebuah organisasi.

è Internal
NO
KASUS
KOMENTAR
26.
United Airlines, menyelenggarakan pelatihan intensif secara reguler untuk menyiapkan semua karyawan dalam menghadapi pekerjaan yang bersifat gawat darurat sampai pekerjaan yang berhubungan dengan media untuk berkomunikasi yang efektif kalau terjadi bencana jatuhnya pesawat terbang.
Menurut saya, Terkadang dalam menghadapi faktor ekternal, maka perlunya pelatihan untuk dapat menghadapi faktor – faktor ekternal yang sulit dikendalikan atau di baca pergerakannya.
27.
Perusahaan Exxon, harus memberikan jawaban tidak hanya pada masyarakat luas tetapi juga kepada para pemegang saham sendiri setelah terjadi tumpahan minyak dari Exxon Valdez.
Menurut saya, lingkungan internal juga dapat menentukan sumber dalam pengisian jabatan, sebuah organisasi yang melingkup pemilik, tim revisi, para anggota / pekerja, dan lingkungan fisik organisasi yang tentunya apakah karyawan tersebut akan di
promosikan atau di transfer.


Topik                   : Pelatihan dan Pengembangan
NO
KASUS
KOMENTAR
28.
PT.Adipura melakukan pelatihan terstuktur untuk para karyawannya setiap akhir tahun.
Menurut saya, hal ini sangat baik untuk pengembangan karyawan setiap tahunnya.

29.
SMA N 1 Kec.GUGUAK mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan basi anggota OSIS nya setiap tahun.
Menurut saya, inisiatif ini sangat berguna untuk dilakukan karena sikap kepemimpinan harulah di latih dari awal generasi muda.
30.
Kepengurusan Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen sudah melaksanakan upgrading pengurus pada awal bulan Mei lalu.
Menurut saya, fakta ini saya masukkan dalam topik ini sebab dalam topik ini dijelaskan jenis organisasi yang membutuhkan pelatihan dalam pengembangan.
31.
PT. Sinar Jaya mengadakan Pelatihan mental  untuk ke 50 manager kantong cabang baru perusahaan.
Menurut saya, hal ini sangat bagus untuk dilakukan agar semua manajer memiliki jiwa kepemimpinan dan mental  yang kuat.
32.
GIBEI FE UNP tanggal 13 Desember mengadakan upgrading dan outbond untuk Mengasah mental dan Pelatihan anggotanya.
Menurut saya, kegiatan ini sangat bermannfaat bagi para anggotanya karna selain mengasah mental juga dapat mengasah pemikiran anggotanya dalam menghadapi rintangan.

Topik                     : MSDM Strategi/ Peran MSDM
Sub Topik            : Tantangan MSDM
NO
KASUS
KOMENTAR
33.
 Karyawan baru di Pt. Sawit indah melakukan pelatihan karena kebutuhannya akan analisis job description sehingga tidak ada lagi karyawan baru yang canggung dalam bekerja.
Menurut saya, dalam melakukan pelatihan untuk menentukan jenis pelatihan maka dilaukan dengan cara  menentukan kebutuhannya . pada karyawan baru tentunya membutuhkan analisi pekerjaan atau tugas, pilihan ktermapilan khusus yang relevan yang nantinya akan dikembangkan.
34.
Teguh beranggapan bahwa dalam menghadapi masalah selalu tidak diselesaikan karena beranggapan setiap masalah pasti ada jalan kelurnya.
Menurut saya, sesungguhnya beranggapan bahwa setiap masalah mempunyai  jalan keluarnya padalahal anggapan tersebut keliru dalam bidang SDM , karena setiap masalah itu tidak akan selesai dengan sendiri nya tetapi harus diseleaikan dan dicari jalan keluarnya bukan hanya pasrah dengan keadaan yang belum tentu pasti kapan selesainya
35.
Tupperware juga mengadakan pelatihan sebelum memberikan tugas tertentu.
Menurut saya, pelatihan ( mengubah perilaku) proses dimana orang-orang mencapai kemampuan tertentu untuk membantu mencapai tujuan organisasi untuk itu harus ada kerja sama manajer operasi dengan SDM.
36.
Sandi seorang karyawan lama di unilever mendapatkan naik pangkat atau menjadi kepala bagian karena prestasinya.

Menurut saya, untuk menentukan jenis pelatihan maka dilakukan penentuan kebutuhan yang dimana pada karyawan  lama yaitu dengan cara analisis prestasi yang dicapai , apakah terdapat kemunduran atau akan dipromosikan.
37.
Dalam sebuah organisasi ada yang tidak membuatkan bagian HRD karena segala sesuatunya akan berjalan dengan baik jika adanya pengendalian.
Menurut saya, anggapan akan pengendalian adalah segalanya sehingga tidak mementingkan adanya MSDM, hal tersebut sungguhlah sangat keliru karena dalam mengerjakan sebuah tugas maka akan dibutuhkan pengembangan dan pelatihan yang tentunya hal tersebut disediakan oleh bagian HRD dan juga pengendalian tidak sepenuhnya dapat mengendalikan sesuatu apa yang kita harapkan terjadi.

Topik                   : Pelatihan dan Pengembangan
Sub Topik            : Pelatihan
NO
KASUS
KOMENTAR
38.
Pengembangan dan pelatihan yang dilakukan oleh tupperware dengan cara melakukan perubahan fundamental.
Menurut saya, dalam melakukan
pelatihan dan
pengembangan maka
dalam melakukaknya
untuk perubahan
fundamental :
1.    Manajemen harus mengubah cara berfikir dalam membuang pesimis yang keliru.
2.    Tingkat kinerja SDM dengan kegiatan MSDM dasar.
Tetapkan harison waktu perencanaan strategi dan operasi SDM.
39.
Tupperware juga mengadakan pelatihan sebelum memberikan tugas tertentu.
Menurut saya, pelatihan bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan para karyawan dalam mengerjakan tugas sekarang yang dikerjakannya.


Sub Topik            : Pengembangan
NO
KASUS
KOMENTAR
40.
Pt. Sawit indah, akan mengadakan pengembangan di hotel pangeran.
Menurut saya, pengembangan ialah suatu kegiatan yang berorientasikan pada peningkatan produktivitas kerja aryawan pada masa depan, Pengembangan karir, riwayat pekerjaan


Topik                   : Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan
Sub Topik            : Rekrutmen

NO
KASUS
KOMENTAR
40.
PT pertamina patra niaga membuka lowongan pekerjaan baru di budang receptionist yang di tujuakan bagi lulusan D3 , dan akan di temapatkan di seluruh wilayah kerja prt patra niaga.
Menurut saya, dengan melakukan open recuitment tentunya akan membentuk suatu job description baru dan akan membuka kesempatan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.
41.
PT BUMN PT RESTI membutuhkan ahli geologi untuk pengembangan perusahaan  3 bulan ke depan.
Menurut saya, dengan di butuhkannya ahli geologi perusahaan ingin mendapatkan karyawan dalam waktu yang cepat, dan berkopenten dalam bidang geologi.
42.
PT adhi karya membuka lowongan pekrjaan untuk mengisi jabatan di bagian opersional transport.
Menurut saya, dalam membuka lowongan pekerjaan tentunya ini akan berdampak pada penyerapan karyawan baru bagi perusahaan
43.
Lowongan kerja pt united traktor akan menerima karyawan baru yang akan di tempatkan pada 3 posisi ykni electronical engineering, consultant bisnis, dan part sales consultant.
Menurut saya, open recuitment yang di lakukan oleh perusahaan yang beremiten UNTR ini tentunya akan membentuk semakin banyak lowongan pekerjaan dan akan membentuk sebuah spekulasi abaru tentang pentingnya open recuitment baru bagi perusahaan.
44.
Posisi kosong di Bank MANDIRI membuat bank ini melakukan open recuitment secara besar-besaran di mana posisi yang kosong itu seperti  : teller, customer service,  account officer, hunior staff consultant
Menurut saya, Sektor perbankkan menjadi selalu menjadi daya tarik bagi para pencari kerja dengan di bukanya lowongan pekerjaan oleh bank MANDIRI tentunya akan membuat harapan para pencari kerja untuk bekerja pada perbankan.
45.
Lowongan kerja PT AZZURA membutuhkan tenaga kerja di bidang sekretaris direksi dan dengan persyaratan lulusan minimal D3 sekretaris
Menurut saya, dengan menetapkan standar penerimaan langsung dari lulusan sekretaris perusahaan ingin mendapatkan karywan yang bermutu baik segi materi maupun mental.
46.
PT INDRI multi solusi melakukan open recuitment bagi 3 buah posisi kosong di dalam perusahaan nya 3 posisi itu akan di isi sekurang-kurangnya oleh 10 orang perposisi posisi yang kosong seperti :  staff legal, staff pengadaan, dengan persyaratan utamanya haruslah lulusan S1.
Menurut saya, Dengan menerapkan persyaratan tinggi dalam penerimaan karyawan baru perusahaan berharapa bahwa dari job new perusahaan akan melahirkan para karyawan baru yang berdaya saing dan mampu mengembangkan perusahaan.

Topik                   : Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan
Sub Topik            : Seleksi
NO
KASUS
KOMENTAR
47.
PT COCA COLA mengrim 211 calon tenaga kerja baru untuk di seleksi di pusat guna mendapatkan calon tenaga kerja yang bermutu tinggi.

Menurut saya, Dengan pengiriman tenaga kerja ke perusahaan pusat berarti peusahaan telah menjalankan tahapan seleksi yang sesuai dengan budaya mereka ..
48.
Manajemen sumber daya manusia PT PLN persero melakukakn tahap seleksi akademik bagi 200 pelamar tenaga kerja baru PT pln
Menurut saya, tahap seleksi akademik ini merupakan suatu rangkaian seleksi dalam rangka proses recuitment anggota baru guna mendapatkan umber daya manusia yang berkualitas.
49.
Pemilik PT. BAKRIE AND BROTHER menanamkan saham sebesar Rp 1M
Menurut saya, penanaman saham dilakukan untuk meningkatkan produktifitas dan meningkatkan kinerja perusahaan sehingga perusahaan kembali mampu mendapatkan keuntungan yang maksimal. Degan besarnya kepemilikan saham oleh seseorang maka akan menjadikan orang tersebut sebagai pemilik perusahaan.
50.
PT LION AIR melakukan tahapan seleksi nilai akademis bagi 57 calon pamugari mereka.
Menurut saya, dengan melakukan tahapan ini perusahaan berharap akan mendapatkan pramugari yng berstandar international
51.
Setelah penyelasaian tahapan seleksi administratif PT PLN melakukan tahapan seleksi psikotes bagi para calon tenaga kerja.
Menurut saya, tahapan psikotes memang sangat di perlukan oleh perusahaan BUMN ini guna mendapatkan para karyawan baru yang bermental bagus.
52.
BANK MANDIRI melakukan tahapan psiokotes bagicalon tenaga kerja baru guna memastikan bahwa tidak ada calon karyawan yang mengalami masalah mental
Menurut saya, dengan bantuan psikotes BANK MANDIRI ingin memastikan bahwa orang-orang yang nantinya akn bekerja sebagai karyawan mereka adalah orang-orang yang bermutu dan memiliki sikap mental yang kuat.
53.
Manajemen sumber daya manusia PT PLN persero melakukakn tahap seleksi akademik bagi 200 pelamar tenaga kerja baru PT pln
Menurut saya, tahap seleksi akademik ini merupakan suatu rangkaian seleksi dalam rangka proses recuitment anggota baru guna mendapatkan umber daya manusia yang berkualitas.
54.
Seleksi penerimaan OPD Bank DKI tahun 2015 telah diumumkan.

Menurut saya,  hal ini memberikan kesempatan bagi lulusan baru untuk memperoleh pekerjaan.
55.
PT Siloam Motor Cabang Sudirman Bandung, dalam pelaksanaannya perusahaan melakukan rekrutmen di cabang masing-masing
Menurut saya,  hal ini supaya mempermudah bagi setiap cabang untuk mendapatkan calon karyawan yang lebih berkualitas dan kompeten sesuai dengan kebutuhan dan keinginan cabang.

56.
PT pertamina patra niaga membuka lowongan pekerjaan baru di budang receptionist yang di tujuakan bagi lulusan D3 , dan akan di temapatkan di seluruh wilayah kerja prt patra niaga.
Menurut saya,  dengan melakukan open recuitment tentunya akan membentuk suatu job description baru dan akan membuka kesempatan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.
57.
PT INKA multi solusi melakukan open recuitment bagi 3 buah posisi kosong di dalam perusahaan nya 3 posisi itu akan di isi sekurang-kurangnya oleh 10 orang perposisi posisi yang kosong seperti :  staff legal, staff pengadaan, dengan persyaratan utamanya haruslah lulusan S1.
Menurut saya,  dengan menerapkan persyaratan tinggi dalam penerimaan karyawan baru perusahaan berharapa bahwa dari job new perusahaan akan melahirkan para karyawan baru yang berdaya saing dan mampu mengembangkan perusahaan.
58.
Joborobo.com ialah salah satu situs onlineyang memberikan peluang kepada sejumlah perusahaan besar untuk menyeleksi dan mengelola karyawan.
Menurut saya,  pernyataan diatas menjelaskan bahwa perusahaan tersebut melaksanakan  identifikasi karyawan dengan bantuan situs online. Hal tersebut berkaitan dengan perencanaan sumber daya manusia yang memanfaatkan teknologi masa kini.
59.
PT adhi karya membuka lowongan pekrjaan untuk mengisi jabatan di bagian opersional transport.
Menurut saya,  dalam membuka lowongan pekerjaan tentunya ini akan berdampak pada penyerapan karyawan baru bagi perusahaan.
60.
PT adhi karya membuka lowongan pekrjaan untuk mengisi jabatan di bagian opersional transport.
Menurut saya,  dalam membuka lowongan pekerjaan tentunya ini akan berdampak pada penyerapan karyawan baru bagi perusahaan.

Topik                   : Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan
Sub Topik            : Seleksi
NO
KASUS
KOMENTAR
61.
PT COCA COLA mengrim 211 calon tenaga kerja baru untuk di seleksi di pusat guna mendapatkan calon tenaga kerja yang bermutu tinggi.
Menurut saya,  dengan pengiriman tenaga kerja ke perusahaan pusat berarti peusahaan telah menjalankan tahapan seleksi yang sesuai dengan budaya mereka .
62.
Manajemen sumber daya manusia PT PLN persero melakukakn tahap seleksi akademik bagi 200 pelamar tenaga kerja baru PT pln
Menurut saya,  tahap seleksi akademik ini merupakan suatu rangkaian seleksi dalam rangka proses recuitment anggota baru guna mendapatkan umber daya manusia yang berkualitas.
63.
PT LION AIR melakukan tahapan seleksi nilai akademis bagi 57 calon pamugari mereka.
Menurut saya,  dengan melakukan tahapan ini perusahaan berharap akan mendapatkan pramugari yng berstandar international
64.
Setelah penyelasaian tahapan seleksi administratif PT PLN melakukan tahapan seleksi psikotes bagi para calon tenaga kerja.
Menurut saya,  dengan menerapkan persyaratan tinggi dalam penerimaan karyawan baru perusahaan berharapa bahwa dari job new perusahaan akan melahirkan para karyawan baru yang berdaya saing dan mampu mengembangkan perusahaan.
65.
Lowongan kerja PT NINDYA KARYA  membutuhkan tenaga kerja di bidang sekretaris direksi dan dengan persyaratan lulusan minimal D3 sekretaris.

Menurut saya, tahapan psikotes memang sangat di perlukan oleh perusahaan BUMN ini guna mendapatkan para karyawan baru yang bermental bagus.

Topik                   : Penilaian Kinerja
NO
KASUS
KOMENTAR
66.
PT. MELATI menganut prinsip Keadilan dan Prestasi (Equity and Merit) sehingga perusahaan menjamin bahwa lebih banyak pegawai memperoleh jalan secara terbuka dan adil untuk menduduki posisi sesuai dengan skill dan kompetensinya.
Menurut saya,  prestasi dibutuhkan dalam pengembangan karir seorang karyawan.
67.
PT COCA COLA mengrim 211 calon tenaga kerja baru untuk di seleksi di pusat guna mendapatkan calon tenaga kerja yang bermutu tinggi.
Menurut saya,  dengan pengiriman tenaga kerja ke perusahaan pusat berarti peusahaan telah menjalankan tahapan seleksi yang sesuai dengan budaya mereka .
68.
BANK BJB melakukan tahapan psiokotes bagicalon tenaga kerja baru guna memastikan bahwa tidak ada calon karyawan yang mengalami masalah mental.
Menurut saya,  dengan bantuan psikotes BANK BJB ingin memastikan bahwa orang-orang yang nantinya akn bekerja sebagai karyawan mereka adalah orang-orang yang bermutu dan memiliki sikap mental yang kuat.
69.
PT. MAWAR menganut prinsip Keadilan dan Prestasi (Equity and Merit) sehingga perusahaan menjamin bahwa lebih banyak pegawai memperoleh jalan secara terbuka dan adil untuk menduduki posisi sesuai dengan skill dan kompetensinya.
Menurut saya,  prestasi dibutuhkan dalam pengembangan karir seorang karyawan.
70.
Direksi PT. INDOFOOD pegawai memperoleh jalan secara terbuka dan adil untuk menduduki posisi sesuai dengan skill dan kompetensinya.
Menurut saya,  skil memang sangat dibutuhkan oleh seorang kariawan.

Topik                   : Manajemen Karir
NO
KASUS
KOMENTAR
71.
PT  SRIWIJAYA AIR melakukan tahapan seleksi nilai akademis bagi 40 Dengan melakukan tahapan ini perusahaan berharap akan mendapatkan pramugari yng berstandar international
Menurut saya Dengan melakukan tahapan ini perusahaan berharap akan mendapatkan pramugari yng berstandar international.
72.
Direksi PT. TELKOM DIVRE V menganut prinsip Keadilan dan Prestasi (Equity and Merit) sehingga perusahaan menjamin bahwa lebih banyak pegawai memperoleh jalan secara terbuka dan adil untuk menduduki posisi sesuai dengan skill dan kompetensinya.
Menurut saya,  prestasi dibutuhkan dalam pengembangan karir seorang karyawan.
73.
PT COCA COLA mengrim 211 calon tenaga kerja baru untuk di latih di pusat guna mendapatkan calon tenaga kerja yang bermutu tinggi.
Menurut saya,  Dengan pengiriman tenaga kerja ke perusahaan pusat berarti peusahaan telah menjalankan tahapan seleksi yang sesuai dengan budaya mereka .
74.
Dalam mencari SDM yang andal, PT. Astra tidak hanya melihat IPK. IPK dinilai penting, namun bagi Astra, kompetensi calon SDM sangat diperhatikan.
Menurut saya,  Tahap selanjutnya dalam mengidentifikasi karyawan yang kompeten yaitu dengan melakukan rekruitmen yang unik, sehingga cara mendapatkan karyawan terbaik pun menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan skala perekrutan.
75.
PT WIKA  memastikan ahli geologi untuk pengembangan perusahaan  3 bulan ke depan.
Menurut saya,  Dengan di butuhkannya ahli geologi perusahaan ingin mendapatkan karyawan dalam waktu yang cepat, dan berkopenten dalam bidang geologi.

Sub Topik            : Pengembangan MSDM
NO
KASUS
KOMENTAR
76.
Perusahaan  Yahoo dalam waktu kurang dari 4 tahun perusahaan telah melakukan PHK terhadap  2.700 karyawan
Menurut saya,  Mencoba memahami logika di balik perampingan tersebut dan melihat apakah strategi semacam ini telah benar-benar membantu Yahoo! selama masa lalu. Alasan yang sangat jelas untuk PHK biasanya badalah untuk mengurangi biaya.
77.
Manajer MSDM kurang memperhatikan efek reward dan punishment seperti kinerja yang bagus hanya diberi bonus sedikit saja dan kinerja jelek hanya diberikan teguran lisan saja
Menurut saya,  efek reward dan punishment sangatlah berperan besar. Karyawan yang berkinerja bagus diberikan promosi jabatan atau hadiah yang besar sehingga karyawan lain termotivasi dan bagi yang berkinerja jelek berupa pengurangan gaji sebesar 30%. Maka dampaknya tersebut tidak diharapkan satu karyawan saja tetapi juga seluruh karyawan.

78.
Rendy, seorang manajer penjualan di CV. Empat Saudara pernah merekrut seorang sales yang berasal dari perusahaan pesaing utamanya. Calon sales itu bersedia memberikan data rahasia milik perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya kepada Rendy asalkan ia diterima sebagai karyawan..
Menurut saya,  Calon karyawan harus dipertimbangkan seluruh perilaku dan skillnya oleh perekrut. Dari kasus di samping memperlihatkan bahwa akan ada penyimpangan etika SDM dalam perekrutan.
79.
Di Simalungun 56 orang CPNS yang sudah dinyatakan lulus dibatalkan karena diduga melakukan KKN yang kemudian dikenal sebagai CPNS Gate di Simalungun (Harian Global 15 Juni 2006).
Menurut saya,  Kasus ini juga merupakan salah satu penyimpangan etika SDM. Kelemahan manajemen sumber daya manusia dijadikan sasaran para calon agar dapat diterima bekerja. 
80.
Proses seleksi di PT. GMF AeroAsia terdiri atas seleksi administrasi, psikotes, wawancara dan tes kesehatan. Pada tes tertulis psikotes dan wawancara psikotes, penilaian yang dilakukan dibagi atas empat yaitu: disarankan, masih disarankan, dipertimbangkan, dan tidak disarankan.
Menurut saya,  Sudah sepatutnya jika perusahaan besar memiliki prosedur perekrutan yang rumit, yang fungsinya untuk memperoleh calon karyawan yang benar-benar mempunyai softskill handal sehingga dapat dipercayakan pendelegasian wewenang kepada mereka.
81.
"Saya terus terang dalam rangka mendapatkan putra putri bangsa berkarir di dunia asuransi sangat berat bersaing dengan bank," kata Ketua Eksekutif Pengawas Industri keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan Firdaus Djaelani.
Menurut saya,  Untuk mendapatkan SDM berkualitas, tentu pertama kali yang dilakukan adalah membentuk kualitas itu. Persaingan dari contoh disamping menunjukkan bahwa masih kurangnya kualitas SDM Indonesia sehingga sulit sekali untuk mencari calon SDM handal.
82.
"Coba kita lihat Korea, Jepang yang menjadi negara maju. Meski tak memiliki sumber daya alam yang memadai, kedua negara tersebut memiliki sumber daya manusia yang berkualitas karena ilmu pengetahuan yang dimilikinya," ucap JK saat memberikan sambutan dalam peresmian gedung baru Menara Iqra Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.
Menurut saya,  Perkataan JK tersebut mengundang para calon pekerja untuk terus meningkatkan keahlian dan pengetahuan yang luas agar dapat bersaing dengan negara lain dan memberikan kontribusi yang bagus bagi negeri dan global sebagai SDM yang berkualitas. Dengan itu diperlukan program-program peningkatan kualitas SDM agar dapat bersaing dengan dunia global.
83.
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Indonesia) yang 2013 lalu meresmikan Assessment CenterIndonesia (ACI).
Metode assessment center adalah metode yang melihat perilaku seseorang berdasarkan kompetensi perilaku yang harus dimiliki oleh sebuah posisi. Metode ini menggunakan multi-tools dan multi assessor guna memastikan transparansi, tingkat kepercayaan, dan tingkat keadilan yang sama bagi kandidat yang sedang di-assess.
Menurut saya,  Canggihnya teknologi yang terus berkembang saat ini membantu para manajer sumber daya manusia dengan mudah membaca perilaku individu. Namun, teknologi ini juga dapat menyaingi kedudukan manajer sumber daya manusia yang akhirnya dapat menggantikan posisinya. Ini akan menjadi ancaman bagi manajemen sumber daya manusia di masa depan kelak, sehingga manajemen harus mampu meningkatkan kualitasnya.
84.
Karyawan merasa enggan bergabung dengan JKN/BPJS karena seperti ada penurunan kenyamanan. Tadinya mereka bisa langsung periksa ke rumah sakit mewah atau di manapun mereka berada, tetapi sekarang mereka harus ke puskesmas dulu atau klinik tingkat pertama, baru ke dokter rujukan dan terakhir rawat inap.
Menurut saya,  Tugas orang HRD-lah yang harus mencari informasi tentang keuntungan JKN dan BPJS. Pasalnya, sudah banyak rumah sakit besar yang berkualitas yang sudah bekerja sama dengan pemerintah dalam program JKN/BPJS. Jadi pada dasarnya tidak akan ada pengurangan kenyamanan dan bahkan manfaat yang didapatkan bisa berlebih.
Sehingga, HRD harus meyakinkan karyawan bahwa JKN/BPJS membawa keuntungan yang lebih baik.
85.
Wendra menyarankan agar atasan senantiasa menjalin komunikasi efektif kepada anak buah. “Di masa krisis, karyawan tentunya bertanya-tanya tentang kepastian nasib mereka, akan dibawa ke mana perusahaan dan sebaginya. Oleh karena itu, satu hal yang tidak boleh ditinggalkan oleh pimpinan perusahaan saat ini adalah komunikasi yang intens dan lancar kepada para karyawan.”
Menurut saya,  Mempertahankan sumber daya manusia yang berkualitas merupakan salah satu tugas manajer SDM. Tugas ini bertujuan agar perusahaan mampu mempertahankan kualitas persaingan.

Topik                             : Penilaian Kinerja
NO
KASUS
KOMENTAR
86.
PT COCA COLA mengrim 211 calon tenaga kerja baru untuk di seleksi di pusat guna mendapatkan calon tenaga kerja yang bermutu tinggi.
Menurut saya,  Dengan pengiriman tenaga kerja ke perusahaan pusat berarti peusahaan telah menjalankan tahapan seleksi yang sesuai dengan budaya mereka .
87.
Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak No. SE-16/PJ.44/1992 menyatakan tentang pembagian bonus, gratifikasi, jasa produksi dan tantiem. Peraturan pemerintah tersebut diberikan kepada karyawan apabila perusahaan tersebut memperoleh laba melebihi target dan/atau kinerja baik oleh karyawan.
Menurut saya,  Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi MSDM yaitu peraturan pemerintah, pernyataan diatas merupakan peraturan pemerintah yang harus dipenuhi setiap perusahaan di Indonesia.
88.
PT pertamina patra niaga membuka lowongan pekerjaan baru di budang receptionist yang di tujuakan bagi lulusan D3 , dan akan di temapatkan di seluruh wilayah kerja prt patra niaga.
Menurut saya,  Dengan melakukan open recuitment tentunya akan membentuk suatu job description baru dan akan membuka kesempatan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.
89.
Setelah penyelasaian tahapan seleksi administratif PT PLN melakukan tahapan seleksi psikotes bagi para calon tenaga
Menurut saya,  Tahapan psikotes memang sangat di perlukan oleh perusahaan BUMN ini guna mendapatkan para karyawan baru yang bermental bagus.
90.
Dalam mencari SDM yang andal, PT. Astra tidak hanya melihat IPK. IPK dinilai penting, namun bagi Astra, kompetensi calon SDM sangat diperhatikan.
Menurut saya,  tahap selanjutnya dalam mengidentifikasi karyawan yang kompeten yaitu dengan melakukan rekruitmen yang unik, sehingga cara mendapatkan karyawan terbaik pun menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan skala perekrutan.

Topik          : Pengelolaan Kesehatan, Keselamatan dan Stres
NO
KASUS
KOMENTAR
91.
Dengan alasan orderan pelanggan sepi, PT. Megah Mas Prima mem-PHK karyawan hingga 200 ribu orang.
Menurut saya,  kasus diatas dapat dijelaskan bahwa perusahaan sedang mengelola perampingan perusahaan untuk mengatasi karyawan yang berlebih saat terjadi penurunan pangsa pasar. Jadi, dalam usaha meningkatkan laba, perusahaan harus mengurangi kelebihan karyawan.
92.
Dalam melakukan kerja pl process para karyawan pt mctronic industies di lengkapi dengan gelang anti static yang berguna meredam tekanan listrik ke tubuh.
Menurut saya,  Dalam penggunanaan gelang static tentunya perusahaan bertujuan melindungi karyawan dari kecelakaan kerja yang mungkin terjadi selama proses kerja.

93.
perusahaan Google semua fasilitas disediakan serta waktu kerja yang santai tetapi menghasilkan efektivitas yang sangat baik.
Menurut saya,  Penetapan keselamatan dan kesehatan kerja adalah hal yang utama.
94.
PT SINAR DUNIA memberikan save stock kepada karyawannya dalam melakukan tugas.
Menurut saya,  Keselamatan pekerja memang menjadi hal utama dalam sebuah perusahaan.
95.
Para pekerja proyek pt adhi karya dalam melakukan pekerjaannya melakukan safety dan melengkapi diri dengan alat-alat keamanan tubuh.
Menurut saya,  Tentunya dengan keamanan yang di terapkan perusahaan akan memberikan rasa aman bagi para karyawan dalam melakukan pekerjaan.
96.
PT . LINTANG SEJAHTERA sangat memperhatikan keselamatan kerja karyawannya.
Menurut saya,  Tentunya dengan keamanan yang di terapkan perusahaan akan memberikan rasa aman bagi para karyawan dalam melakukan pekerjaan.
97.
perusahaan YAHOO memberi semua fasilitas disediakan serta waktu kerja yang santai tetapi menghasilkan efektivitas yang sangat baik.
Menurut saya,  Penetapan keselamatan dan kesehatan kerja adalah hal yang utama.
98.
Para pekerja proyek PT SINAR INDONESIA dalam melakukan pekerjaannya melakukan safety dan melengkapi diri dengan alat-alat keamanan tubuh.
Menurut saya,  Tentunya dengan keamanan yang di terapkan perusahaan akan memberikan rasa aman bagi para karyawan dalam melakukan pekerjaan.
99.
kerja pl process para karyawan pt mctronic industies di lengkapi dengan gelang anti static yang berguna meredam tekanan listrik ke tubuh.
Menurut saya,  Dalam penggunanaan gelang static tentunya perusahaan bertujuan melindungi karyawan dari kecelakaan kerja yang mungkin terjadi selama proses kerja.

100.
PT. ICHA BRANAmelakukan seminar pengamanan kerja .
Menurut saya,  perusahaan bertujuan melindungi karyawan dari kecelakaan kerja yang mungkin terjadi selama proses kerja.
 

JIka Sobat ingin mendapatkan semua makalah yang ada di website ini secara gratis siilahkan klik tombol Subscribe yang ada dibawah ini, dan Perlu diketahui Setelah Sobat Mendaftarkan Email Jangan Lupa Konfirmasi Link yang di Kirim Ke Email Agar Pemberitahuannya Aktif:

0 Response to "TUGAS PENGANTAR BISNIS MANAJEMEN 100 FAKTA"

Post a Comment