MAKALAH KELUHAN IBU HAMIL

MAKALAH KELUHAN IBU HAMIL 


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Kehamilan dan persalinan merupakan proses fisiologi, namun merupakan faktor risiko terjadinya mortalitas dan morbiditas ibu. Oleh karenanya perlu persiapan baik secara mental dan fisik sehingga kondisi-kondisi abnormal dapat diminimalkan (Widyawati,2013). Pada awal kehamilan biasanya ibu hamil mengalami mual, muntah, meriang dan lemas. Pada trimester kedua dan trimester ketiga mengalami pembesaran perut, perubahan anatomis dan perubahan hormonal akan mengakibatkan munculnya keluhan-keluhan. keluhan-keluhan tersebut diantaranya adalah nyeri pinggang, sesak napas, varises, hemorrhoid, konstipasi, gangguan tidur dan lain-lain (Lestari, 2014). Menurut Dr. Didik K (2011) dalam penelitian Lestari (2014), nyeri pinggang selama kehamilan adalah keluhan umum pada wanita hamil. Angkanya sekitar 50-70% dari wanita hamil bisa merasakannya. Nyeri pinggang ini bisa dirasakan di semua tingkat kehamilan, tetapi paling banyak dirasakan saat kehamilan trimester II dan III.

B. Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini antara lain:
a.    Untuk mengetahui beberapa keluhan yang terjadi pada ibu hamil trimester II
b.    Untuk mengetahui sebab akibat nyeri punggung pada ibu hamil trimester II
c.    Untuk  mengetahui asuhan kebidanan terhadap nyeri punggung pada ibu hamil trimester II

C.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, kita dapat menentukan batasan rumusan masalah sebagai berikut :
1.    Apa saja keluhan-keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil trimester II?
2.    Apa sebab dan akibat nyeri punggung pada ibu hamil trimester II?
3.    Bagaimana asuhan kebidanan terhadap nyeri punggung pada ibu hamil trimester II?


Baca Juga



BAB II
PEMBAHASAN


A. KELUHAN-KELUHAN YANG SERING TERJADI PADA IBU HAMIL TRIMESTER II

Memasuki kehamilan trimester kedua, sebagian besar wanita hamil mulai menikmati masa kehamilannya. Pada trimester ini gejala mual muntah sudah menghilang, begitu juga dengan gejala lemas. Namun tidak menutup kemungkinan adanya keluhan lain yang muncul, seperti:
1.    Nyeri punggung (pelvic grindle pain)
Peningkatan berat badan seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dapat menekan bagian belakang dari punggung, sehingga bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada bagian punggung.
2.    Payudara semakin membesar
Payudara akan semakin membesar seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Terkadang perubahan ini memberikan rasa kurang nyaman pada sebagian wanita hamil.
3.    Pertumbuhan rambut yang banyak
Hormon yang meningkat selama masa kehamilan dapat memicu pertumbuhan rambut yang lebat. Rambut dapat tumbuh di berbagai tempat yang belum pernah ditumbuhi oleh rambut sebelumnya, termasuk bagian lengan, wajah, dan punggung.
4.    Gusi berdarah
Sebagian besar wanita hamil mengalami keluhan gusi berdarah dan bengkak. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan, sehingga gusi mudah sekali berdarah. N
5.    Sakit kepala
Sakit kepala saat hamil sering dirasakan oleh wanita hamil. Hal yang dapat Anda lakukan saat keluhan ini terjadi adalah segera beristirahat.
6.    Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)
GERD atau asam lambung dapat terjadi saat kehamilan karena terjadi peningkatan hormon progesteron.
7.    Ambeien
Ambeien yang terjadi saat hamil disebabkan karena pembuluh darah balik mengalami pelebaran, serta adanya peningkatan tekanan di daerah anus karena pertambahan ukuran rahim.
8.    Kram di kaki
Keluhan kram di kaki pada kehamilan trimester kedua memang biasa terjadi. Umumnya kram dirasakan saat malam hari.
9.    Susah tidur
Pada saat hamil, banyak yang membutuhkan lebih banyak tidur. Sayangnya, kualitas tidur yang didapatkan para ibu hamil itu justru semakin turun.
10.    Sesak nafas
Ibu hamil merasakan sesak yakni harus bernafas lebih dalam dan lebih cepat ketika berjalan atau melakukan aktifitas fisik, padahal sebelum hamil ketika melakukan kegiatan itu tidak merasa sesak sama sekali
11.    Peningkatan berat badan
Trimester II : pertambahan berat badan rata-rata 0,35 – 0,4 kg/minggu.

B. SEBAB DAN AKIBAT NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL

Sebab :


•    Perubahan Hormon
Braxshaw (2004) dalam penelitian Yosefa (2013), nyeri punggung terjadi karena adanya perubahan pada hormon kehamilan yang meningkatkan kadar hormon relaksin, hal ini mempengaruhi fleksibilitas Jaringan ligamen yang akhirnya meningkatkan mobilitas sendi di pelvis dan akan berdampak pada ketidakstabilan spinal dan pelvis serta menyebabkan rasa tidak nyaman.
•    Pertambahan berat badan
Menurut dr. Fiona Amelia MPH, salah satu penyebab wanita hamil mengalami sakit punggung adalah berat badan yang semakin bertambah. Sebab ketika berat badan bertambah, titik pusat gravitasi akan berubah.
•    Perkembangan bayi.
Makin bertambah usia kandungan, makin besar janin dan semakin besar juga rahim sang ibu. Perkembangan ini bisa menekan pembuluh darah dan saraf di area panggul dan punggung.
•    Stres.
Ketika stres, otot di bagian punggungmu mengalami ketegangan, yang akhirnya bisa terasa seperti sakit punggung.

Akibat :
Umumnya keadaan ini fisiologis akan terjadi bahkan tidak perlu menggunakan konsumsi obat-obatan tertentu. Namun kadang kala jika tidak tertangani dengan baik maka ketidaknyamanan ini berubah menjadi patologi sehingga mengganggu aktivitas ibu bahkan dapat membahayakan kehamilan.
Jika nyeri punggung di disertai dengan nyeri pada bibir kemaluan maka harus diwaspadai. infeksin kencing dan ginjal serta adanya batu ginjal juga dapat menimbulkan sensasi pegal hingga nyeri di pinggang yang kadang menjalar hingga bibir kemaluan.


C. ASUHAN KEBIDANAN TERHADAP NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER II

Senam Ibu Hamil
 Muhimah & Safe'I (2010), tujuan dan manfaat senam hamil adalah:
1)Menjaga kondisi otot-otot dan persendian.,
2) memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot, ligamen, dan jaringan yang berperan dalam mekanisme persalinan, serta membentuk sikap tubuh yang prima,
3) Mempertinggi kesehatan fisik dan psikis,
4) Memberikankenyamanan (relaksasi),
5) Menguasai teknik-teknik pernafasan.
Body Mekanik
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dewi, Hany harisma (2015) menyatakan bahwa ibu yang memiliki mekanika tubuh yang baik tidak selalu terhindar dari nyeri punggung, hal itu dikarenakan oleh paritas. Semakin banyak ibu mengalami persalinan semakin memperbesar kemungkinan ibu mengalami nyeri punggung bagian bawah hal ini karena otot-otot abdomen tidak sebaik pada primigravida.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Glinkowski et al (2014) di Polandia
menyatakan bahwa posisi duduk dan berdiri yang salah dapat mengakibatkan nyeri punggung bagian bawah pada ibu hamil
Posisi Tidur
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Mafikasari dan Kartikasari pada tahun 2014 nengatakan ada hubungan yang signifikan antara posisi tidur dengan kejadian back pain pada ibu hamil trimester III. Posisi
tidur yang baik pada ibu hanmil trimester III adalah yang pertama; dengan tidur miring ke kiri karena janin yang akan mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal, posisi ini juga membantu ginjal membuang sisa produk dan cairan dari tubuh sehingga mengurangi pembengkakan di kaki, pergelanngan kaki dan tangan (Bobak, 2004).
Yang kedua; tidur dengan miring ke kanan jika posisi punggung bayi
kebetulan berada di sebelah kanan karena posisi punggung dapat memicu pergerakan bayi yang dapat mengakibatkan timbulnya rasa nyeri (Musbikin, 2005).
Yang ketiga; tidur dengan menggunakan bantal untuk menyangga kedua paha agar satu dari kedua panggul agak lentur (Murkoff, 2006).
Kompres panas
merupakan pemberian air panas dengan suhu 52°C yang memiliki fungsi mengurangi rasa nyeri salah satunya satunya nyeri punggung
(Tamsuri, 2012).


BAB III
PENUTUP

A.Kesimpulan

Nyeri punggung biasanya akan meningkat intensitasnya seiring bertambahnya usia kehamilan karena nyeri ini merupakan akibat pergeseran pusat gravitasi wanita dan postur tubuhnya. Perubahan ini disebabkan oleh berat uterus yang membesar, membungkuk yang berlebihan, berjalan tanpa istirahat, dan angkat beban.

B. Saran

Bidan sebagai tenaga kesehatan dalam memberi asuhan kepada ibu hamil yang mengalami nyeri punggung dianjurkan memberi mereka pengarahan sebelum terjadinya kehamilan agar ibu hamil sudah lebih mempersiapkan diri.

JIka Sobat ingin mendapatkan semua makalah yang ada di website ini secara gratis siilahkan klik tombol Subscribe yang ada dibawah ini, dan Perlu diketahui Setelah Sobat Mendaftarkan Email Jangan Lupa Konfirmasi Link yang di Kirim Ke Email Agar Pemberitahuannya Aktif:

0 Response to "MAKALAH KELUHAN IBU HAMIL "

Post a Comment