MAKALAH KANKER VAGINA

MAKALAH DISKUSI KELOMPOK KECIL

BLOK 2.B MINGGU 5

“KANKER VAGINA”


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

        Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi seluruh penduduk di penjuru dunia.Penyakit tersebut termasuk dalam pembunuh terbanyak di kehidupan manusia.Tidak pandang bulu,mulai dari bayi,anak-anak,remaja,hingga lanjut usia pun memiliki risiko terserang kanker berbeda dengan tumor jinak,sehingga terkadang orang-orang terkecoh dengan kedua penyakit tersebut.
Kanker vagina biasanya merupakan akibat dari metastatis koriokarsinoma atau dari kanker serviks atau kanker organ yang berkaitan seperti uterus,vulva,kandung kemih,atau rektum.Faktor-faktor risiko kanker serviks,pemajanan dietistilbestron (DES) Dalam uterus,kanker vagina atau kanker vulva sebelumnya,terapi radias terdahulu,riwayat papilomavirus manusia (HPV) atau penggunaan kontrasepsi.Kubah vagina mencakup bagian terbawah dari leher rahim dengan mulut rahim.Disebelah bawah,vagina berlanjut kedalam vulva.Meliputi seluruh panjangnya,vagina terletak diantara jalan kemih,jalan rektum.Hubungan anatomis yang erat ini menentukan hubungan klinis satu sama lain dari keganasan ketiga daerah ini.Karena situasi anatomis ini,mudah terjadi pertumbuhan masuk dari kanker vagina kedalam kandung kemih,leher kandung kemih,dan saluran kemih sebelah depan,serta keporos usus disebelah belakang,pengaliran linva dari vagina adalah terlebih dahulu.Kelenjar limva dipanggul kecil,tumor ganas di daerah yang berbatasan dengan vulva,mempunyai aliran limva ke kelenjar lipat paha.
B.    Rumusan Masalah :
1.    Apa definisi kanker vagina ?
2.    Apa penyebab kanker vagina ?
3.    Apa gejala kanker vagina ?
4.    Bagaimana cara pencegahan terhadap kanker vagina ?
5.    Apa saja pengobatan kanker vagina ?

C.    Tujuan :
1.    Untuk mengetahui definisi kanker vagina
2.    Untuk mengetahui penyebab kanker vagina
3.    Untuk mengetahui gejala kanker vagina
4.    Untuk mengetahui cara pencegahan terhadap kanker vagina
5.    Untuk mengetahui pengobatan kanker vagina

Baca Juga




BAB II

PEMBAHASAN

A.    Defenisi Kanker Vagina :

         Kanker vagina adalah tumor ganas pada vagina.Kanker adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh adanya pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang abnormal.Perkembangan sel-sel tersebut tidak dapat dikendalikan dan akan berkembang dengan sangat cepat sehingga akan menyerang organ-organ penting lainnya serta menyerang saraf tulang belakang.
         Vagina adalah saluran sepanjang 7,5-10 cm ujung atasnya berhubungan dengan serviks (leher rahim/bagian terendah dari rahim).Sedangkan ujung bawahnya berhubungan dengan vulva dinding vagina dilapisi oleh epitalium yang berbentuk dari sel-sel skuamosa.Dibawah epitalium terdapat jaringan ikat,otot involunter,kelenjar getah bening dan persarafan.
         Dinding vagina memiliki banyak lipatan yang membantu agar vagina tetap terbuka selama hubungan seksual atau proses persalinan berlangsung.

B.    Penyebab Kanker Vagina :

1.    Usia


Wanita yang berusia diatas 60 tahun umumnya menderita kanker vagina dengan jenis kaninoma squamosa dan kanker vagina itu sendiri menyerang wanita sekitar 50-70 tahun.

2.    DES (ditilstilbestrol),

    DES merupakan suatu jenis obat hormonal yang dahulu banyak digunakan untuk mencegah keguguran pada wanita hamil.DES ini apabila dikonsumsi wanita hamil akan beresiko tinggi untuk keguguran.

3.    Adenosis Vagina,

     Pada vagina akan ditemukan daerah tertentu yang dilapisi dengan sel squamosa.Sel ini ditemukan didalam kelenjar rahim bagian bawah dan lapisan rahim.Umumnya terpapar oleh DES selama perkembangan janin

4.    Infeksi Human Vinus Papilloma (HPV)

      Infeksi virus ini merupakan inveksi dari virus yang disebabkan dari hubungan intim HPV juga disebut sebagai virus penyebab kutil pada kelamin.

Perlu diketahui bahwa penyebab kanker dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lain,seperti:
1.    Faktor keturunan
2.    Zat dan bahan kimiawi
3.    Terkena radiasi
4.    Radiasi ultraviolet
5.    Terkena infeksi virus dan bakteri

C.    Gejala Kanker Vagina :


         Organ reproduksi wanita rentan sekali dengan berbagai risiko penyakit.Vagina merupakan salahn satu organ yang mudah terinfeksi Oleh suatu mikroorganisme yang ditimbulkan oleh diri sendiri atau oleh pasangannya.Kanker vagina menyebabkan kerusakan pada lapisan vagina dan menyebabkan terbentuknya luka terbuka yang dapat mengakibatkan pendarahan dan vagina terinveksi.
         Orang yang menderita kanker vagina mungkin akan mengalami pendarahan melalui vagina atau keluar cairan encer.Jika ukuran kanker vagina memasuki stadium lanjut dengan ukuran kanker yang besar dapat memengaruhi fungsi dari kandung kemih dan rektum kemudian mengalami urgensi atau kesulitan untuk berkemih dan ketika berkemih terasa sakit dan nyeri.

D.    Pencegahan Terhadap Kanker Vagina :


         Pada wanita dapat dilakukan dengan mengonsumsi sayuran yang berwarna hijau tua seperti brokoli,bunga kol,kubis,lobak,kangkung bayam dan salada sangat kaya dengan anti oksidan seperti berakarotin,folate dan lutein.Jenis sayuran lain seperti wortel,kentang,tomat,bawang putih,bawang merah dan kacang-kacangan termasuk kacang kedelai.Anti oksidan adalah zat yang mampu mematikan zat lain yang membuat sel-sel menjadi rapuh dan mampu memperbaiki sel yang rusak.

E.    Pengobatan Untuk Kanker Vagina :

1.    Pembedahan


•    Eksisi lokal luar : Dilakukan pengangkatan kanker dan sebagian jaringan di sekitarnya untuk memperbaiki vagina bisa dilakukan pencangkokan kulit yang diambil dibagian tubuh lainnya.
•    Vaginektomi (pengangkatan vagina) : pengobatan ini dilakukan jika kanker telah menyebar keluar vagina.Pada pembedahan ini dilakukan vagitektomi dan histerektomi radikal (pengangkatan rahim,ovarium atau indung telur dan tubapalopi).
•    Eksenterasi dilakukan jika kanker telah menyebar keluar vagina dan organ wanita lainnya.Dilakukan pengangkatan kolon bawah lainnya.

2.   Terapi Penyinaran :

        Pada terapi ini dilakukan sinar x dosis tinggi atau sinar berenergi tinggi lainnya dari sebuah mesin disebut radiasi eksterna,sedangkan penyinaran yang berasal dari sebuah kapsul atau tabung yang mengandung jatra radiaktif dan dimasukkan kedalam vagina disebut radiasi interna.

3.   Kemoterapi :

         Pada pengobatan ini digunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker.Kemoterapi tersedia dalam bentuk pil atau suntikan introvera.Pengobatan ini sistematik karena obat masuk kedalam aliran darah dan bergerak keseluruh tubuh serta membunuh sel-sel kanker yang berada diluar vagina.Sedangkan pada kemoterapi intravagina obat kemo dimasukkan langsung kedalam vagina.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan


Kanker vagina biasanya merupakan akibat dari matestatis koriokarsinoma atau dari kanker serviks atau kanker organ yang berkaitan seperti uterus,vulva,kandung kemih,atau rektum.Faktor-faktor risiko kanker serviks,pemajanan,dietilbestron (DES) dalam uterus,kanker vagina atau kanker vulva sebelumnya,terapi radias terdahulu,riwayat papilomavirus manusia (HPV) atau penggunaan kontrasepsi.Vagina adalah saluran sepanjang 7,5-10 cm ; Ujung atasnya berhubungan dengan serfiks tutup buka leher rahim atau bagian terendah dari rahim,sedangkan ujung bawahnya berhubungan dengan vulva.

B. Saran

    Kanker vagina adalah penyakit yang berbahaya. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Tugas seorang bidan adalah memberikan pelayanan pencegahan kanker dan membantu klien mengenali tanda-tanda penyakit kanker vagina sehingga dapat mengurangi faktor resiko yang dapat membahayakan nyawa pasien.

JIka Sobat ingin mendapatkan semua makalah yang ada di website ini secara gratis siilahkan klik tombol Subscribe yang ada dibawah ini, dan Perlu diketahui Setelah Sobat Mendaftarkan Email Jangan Lupa Konfirmasi Link yang di Kirim Ke Email Agar Pemberitahuannya Aktif:

0 Response to "MAKALAH KANKER VAGINA"

Post a Comment