MAKALAH TEORI PORTOFOLIO DAN ANALISIS INVESTASI tentang INVESTASI lengkap



MAKALAH

TEORI PORTOFOLIO DAN ANALISIS INVESTASI 


INVESTASI

 



KATA  PENGANTAR

Penulis megucapkan segala puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan segenap kekuatan dan kesanggupan, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tentang Investasi dalam Rangka Melengkapi Tugas Mata Kuliah Teori Portofolio dan Analisis Investasi.
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen mata kuliah Teori Portofolio dan Analisis Informasi dan teman-teman yang telah membantu dan mendukung sehingga makalah ini dapat diselesaikan.
Penulis menyadari makalah ini tidak luput dari berbagai kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik demi kesempurnaan dan perbaikan makalah ini. Atas perhatiannya, penulis ucapkan terima kasih.

                                                                        Padang, 30 Agustus 2016
Penulis,



Kelompok


DAFTAR ISI

HALAMAN COVER
KATA PENGANTAR............................................................................................. ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii 
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang................................................................................................... 1
1.2 Identifikasi Masalah........................................................................................... 2
1.3 Rumusan Masalah.............................................................................................. 2
1.4 Tujuan Penulisan............................................................................................... 2
1.5 Manfaat Penulisan............................................................................................. 2 
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Definisi Investasi............................................................................................... 3
2.2 Tujuan Investasi................................................................................................. 3
2.3 Proses Investasi.................................................................................................. 4
BAB III PENTUP
3.1 Kesimpulan........................................................................................................ 6
3.2 Saran.................................................................................................................. 6
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Investasi merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis. Investasi dapat dikatan sebagai penundaan konsumsi sekarang untuk dimasukkan ke aktiva produktif selama periode waktu tertentu. Dengan adanya aktiva yang produktif, penundaan konsumsi sekarang untuk diinvestasikan ke aktiva yang produktif tersebut akan meningakatkan utilty total. Terdapat banyak pilihan investasi bagi masyarakat salah satunya adalah investasi di pasar modal. Masyarakat pemilik dana kini semakin sadar bahwa investasi real, deposito maupun tabungan, masih ada alternatif investasi yang cukup menarik dalam mendatangkan return yaitu investasi pada saham. Meningkatnya kesadaran masyarakat tersebut juga didukung oleh kemajuan yang pesat di bidang tekonologi dan informasi, sehingga masyarakat akan lebih mudah dalam memperoleh dan menyalurkan dana di pasar modal
Bagi investor investasi merupakan kegiatan yang sangat menarik, para investor menginvestasikan dananya, pasti akan mengharapkan return (tingkat pengembalian) berupa capital gain  dan dividen. Pengertian investasi dalam konteks yang luas adalah melakukan sesuatu saat ini dengan harapan untuk mendapatkan manfaat yang lebih di masa yang akan datang dengan melakukan pengorbanan penundaan pengeluaran dana untuk saat ini. Terlihat bahwa tujuan dari investasi itu sendiri adalah untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan kesejahteraan para investor yang menamkan investasi tersebut. Kesadaran masyarakat dalam kegiatan investasi semakin meningkat karena dipengaruhi oleh banyaknya ketidakpastian yang dapat dialami dan dihadapi di masa yang akan datang nantinya. Oleh karena itu, sangat pentinglah perencanaan masa depan melakukan investasi.
1.2  Identifikasi Masalah
Di dalam makalah ini yang akan dibahas yaitu :
1.      Definisi investasi
2.      Tujuan investasi
3.      Proses investasi

1.3  Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi fokus permasalahan yang akan dibahas dimaklaah ini  dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Apa itu investasi ?
2.      Apa tujuan dari investasi ?
3.      Bagaimana proses investasi ?

1.4  Tujuan Penulisan
Tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk memahami apa itu investasi
2.      Untuk mengetahu apa saja tujuan investasi
3.      Untuk mengetahui apa saja dan bagaiman proses investasi ?

1.5  Manfaat Penulisan
Pembuatan makalah ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi berbagai pihak.Terutama bagi penulis untuk menambah pengetahuan dan pengalaman penulis untuk mengetahui akhlak,juga  bagi pembaca agar dapat menambah dan memperluas wawasannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang mampu menambah iman para pembaca.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Definisi Investasi
Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan di masa yang akan datang . seorang investor  membeli sejumlah saham saat ini dengan harapan memperoleh keuntungan dari kenaikan harga saham ataupun sejumlah dividen di masa yang akan datang, sebagai imbalan atas waktu yang terkait dengan investasi tersebut,
Instilah investasi berkaitan dengan berbagai macam aktivitas. Menginvestasikan dana pada aset real (tanah, emas, mesin atau bangunan) maupun aset finansial (deposito saham ataupun obligasi) merupakan aktivitas investasi yang pada umumnya dilakukan,
Pembahasan investasi berkaitan dengan pengelolaan aset finansial terutama sekuritas yang bisa diperdagangkan (marketable securities). Aset finansial adalah klaim berbentuk surat berharga atas sejunlah aset-aset pihak penerbit surat berharga tersebut. Sedangkan sekuritas yang mudah diperdagangkan adalah aset-aset finansial yang bisa diperdagangkan dengan mudah dan dengan biaya transaksi yang murah pada pasar yang terorganisir.
Pihak-pihak yang berkaitan dengan kegiatan investasi disebut investor. Inestor pada umumnya dapat digolongkan menjadi dua, yaitu investir individual dan investor institusional yang terdiri dari perusahaan-perusahaan asuransi, lembaga penyimpanan dana, lembaga dana pensiun, maupun perusahaan investasi itu sendiri.

2.2  Tujuan Investasi
Pada dasaranya tujuan orang berinvestasi adalah untuk “menghasilkan sejumlah uang, semua orang setuju dengan tujuan investasi tersebut. Namun tujuan investasi yang lebih luas adalah untuk meningkatkan kesejahteraan investor. Kesejahteraan dalam hal ini adalah kesejahteraan moneter, yang bisa dikur dengan jumlah pendapatan saat ini ditambah nilai saat ini pendapatan masa datang.
Sumber dana untuk investasi bisa berasal dari aset-aset yang dimiliki saat ini, pinjaman dari pihak lain ataupun dari tabungan . investor yang mengurangi konsumsi nya saat ini akan mempunyai kelebihan dana untuk ditabung.
Secara khusus, alasan beberapa orang melakukan invesatasi adalah sebagai berikut :
1.      Untuk medapatkan kehidupan yang lebih layak di masa yang akan datang.
Seseorang yang bijaksana akan berpikir bagaimana meningkatkan taraf hidupnya dari waktu ke waktu atau setidaknya berusaha bagaimana meningkatkan tingkat pendapatannya yang ada sekarang agar tidak berkurang di masa yang akan datang.
2.      Mengurangi tekan inflasi.
Dengan melakukan investasi dalam pemilikan perusahaan atau objek lain, sesorang dapat menghindarkan diri dari risiko penrunan nilai kekayaan atau hak miliknya akibat adanya pengaruh inflasi
3.      Dorongan untuk menghemat pajak
Beberapa negara di dunia banyak melaukan kebijakan yang bersifat medorong tumbuhnya investasi di masyarakt melalui pemberina fasilitas perapajakan kepada masyarakat yang melakukan investasi pada bidang-bidang usaha tertentu.

2.3  Proses Investasi
Proses investasi meliputi pemahaman dasar-dasar keputusan investasi dan bagimana mengorganisir aktivitas-aktivitas dalam proses keputusan investasi. Untuk memahami proses investasi, seorang investor terlebih dahulu harus mengetahui beberapa konsep dasar investasi, yang akan menjadi dasar pijakan dalam setiap tahap pembuatan keputusan investasi yang akan dibuat.
Hal mendasar dalam proses keputusan investasi adalah pemahaman hubungan antara return harapan dan risiko suatu investasi. Hubungan risiko dan return harapan dari suatu investasi merupakan hubungan yang searah dan linear. Artinya semakin besar reurn harapan, semakin besar pula tingkat risiko yang harus dipertimbangkan. Hubungan seperti itulah yang menjawab pertanyaan mengapa tidak semua investor hanya berinvestasi pada aset yang menawarkan tingkat return yang paling tinggi. Disamping memperhatinkan return yang paling tinggi. Di samping memperhatikan return yang tinggi, investir juga harus mempertimbangkan tingkat risiko yang harus ditanggung.
Adapun proses dari kegiatan investasi adalah :
1.      Dasar keputusan investasi
Return. Alasan utama orang berinvestasi adalah untuk memperoleh keuntungan. Dalam konteks manajemen investasi keuntungan investasi disebt sebagai return. Return harapan investor dari investasi yang dilakukannya merupakan kompensasi atas biaya kesempatan (opportunity cost) dan risiko penuruna daya beli akibat adanya pengaruh inflasi.
Risko. Risko bisa diartikan sebagai kemungkin return aktual yang berbeda denga return harapan, return minimum yang diaharapkan seringkali juga disebut dengan return yang disayaratkan (required rate of return).
2.      Hubungan tingkat risiko dengan return harapan
Hubungsn anatara risiko dan return harapan merupakaj hubungan yang bersifat searah dan linear. Artinya semakin besar risko suatu aset, semakin besar pula return harapan atas aset tersebut, demikian sebaliknya
3.      Proses keputusan investasi
Proses keputusan investasi merupakn proses keputusan yang berkesinambungan (going process). Proses keputusan invesatsi terdiri dari lima tahpa keputusan yang berjalan terus-mnerus sampai tercapai keputusan investasi yang terbaik. Tahap-tahap keputusan investasi meliputi lima tahap keputusan yaitu :
1.      Penentuan tujuan invesatsi’
2.      Penentuan kebijakan investasi’
3.      Pemilihan strategi portofolio
4.      Pemilihan aset
5.      Pengukuran dan evaluasi kinerja portofolio

BAB III
PENUTUP
3.1    Kesimpulan
Investasi merupakan sebuah pengorbanan di masa sekarang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi di masa yang akan datang. Perkembangan teknologi dan informasi semakin membuat masayakat atau sebagai investor individual dalam membuat keputusan-keputusan investasi.

3.2    Saran
Dan diharapkan dalam makalah ini, semua kalangan masyarakat agar lebih sadar akan pentingnya investasi, karena menyangkut kehidupan di masa yang akan datang sehingga mampu mempertahankan tingkat pendaptan di atas daya beli saat inflasi pada umumnya.



DAFTAR PUSTAKA
Safelia, N. (2010). KONSEP DASAR KEPUTUSAN INVESTASI DAN PORTOFOLIO. 8.
Tandelilin, E. (2010). PORTOFOLIO dan INVESTASI.Yogyakarta: KANISIUS.

Silahkan Download Wordnya dibawah>>>>

JIka Sobat ingin mendapatkan semua makalah yang ada di website ini secara gratis siilahkan klik tombol Subscribe yang ada dibawah ini, dan Perlu diketahui Setelah Sobat Mendaftarkan Email Jangan Lupa Konfirmasi Link yang di Kirim Ke Email Agar Pemberitahuannya Aktif:

0 Response to "MAKALAH TEORI PORTOFOLIO DAN ANALISIS INVESTASI tentang INVESTASI lengkap"

Post a Comment